Gypsum di Indonesia, selama ini dikenal hanya sebagai bahan bangunan untuk plafon atau atap. Namun kenyataannya kini material gypsum telah banyak dipakai untuk dinding. Pemakaian papan gypsum untuk dinding sebenarnya telah banyak dipakai di negara Eropa. Untuk wilayah yang memiliki 4 musim seperti kebanyakan negara di benua Eropa, dinding gypsum bermanfaat sekali, yaitu agar hawa dingin dapat ditahan dan tidak masuk ke dalam rumah.

Tentu saja, di negara-negara tropis juga tak ada salahnya menggunakan material gypsum sebagai bahan dekorasi interior atau dinding. Berikut ini Bathtub Terrazzo Jakarta akan membahas tentang bahan bangunan papan gypsum serta manfaat pemakaiannya sebagai dinding.

Baca juga : Manfaat Pemakaian Panel Papan Gypsum Sebagai Dinding

Mengenal Papan Gypsum dan Karakteristiknya
Gypsum atau sering disebut drywall dan sheetrock dalam bahasa aslinya merupakan material bahan bangunan yang umum dipakai baik sebagai atap plafon atau dinding serta sering juga dijumpai untuk pelapis dinding bata. Material bahan bangunan gypsum diproduksi dari kalsium sulfat atau mineral gypsum yang diproses hingga menjadi lembaran-lembaran.
Spesifikasi panel gypsum yang aman berdasarkan SNI 03-6384-2000, adalah bagian inti tak dapat terbakar, terutama papan gypsum berlapis kertas pada bagian intinya. Papan atau panel gypsum sekurang-kurangnya tahan api selama kurang lebih 1 jam dan untuk tebal 15,9 mm serta 3/4 jam dengan ketebalan 12,7 mm.

Sifat -sifat fisik sebuah papan gypsum:
♥ Syarat kelenturan sesuai SNI 03-6384-2000
♥ Kuat ketika ada paku dicabut
♥ Memiliki ketebalan 6,4 mm sampai 25 mm

Untuk pemasangan papan gypsum sebagai penggunaan dinding bukanlah sulit, sebab material seperti bata, pasir, semen dan sebagainya tidak dibutuhkan. Papan gypsum dipasang dengan menggunakan sekrup pada rangka konstruksi yang terbuat dari bahan bangunan bermaterial kayu atau bisa juga metal. Rangka dipasang dengan desain tertentu dari pinggir ruang yang satu ke pinggiran lainnya. Rangka tersebut mesti tegak lurus dengan lebih kurang berjarak 60×60 cm.

Material bahan bangunan yang dibutuhkan untuk pemasangan dinding gypsum di antaranya material rangka seperti besi hollow, kayu, metal furing, textile tape, angkur, mur-baut, perekat penutup celah atau compound, dan bahan finishing. Sementara itu, untuk perkakas yang diperlukan yakni meteran, waterpass, steger, gerinda, gergaji, bor listrik yang sudah dilengkapi scrape, obeng dan lainnya.